Detail Produk Tips Memilih Susu formula Untuk Anak Diatas 1 Tahun

Saat si kecil menginjak usia 1 tahun, air susu ibu (ASI) adalah satu-satunya jenis susu yang harus dikonsumsi, setelah itu barulah diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) yaitu salah satunya memilih susu formula.

ASI mengandung semua jenis gizi yang diperlukan tubuh si kecil untuk bisa tumbuh dengan optimal, selain itu saat usianya dibawah 1 tahun pencernaan si kecil masih belum berkembang dengan baik.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk memberikan ASI setidaknya sampai usia si kecil dua tahun, tapi saat usia si buah hati sudah menginjak 1 tahun, para ahli mulai menyarankan untuk si kecil diberikan susu pertumbuhan sebagai gizi pelengkap.

Jenis-jenis susu formula di pasaran

Saat ini sudah ada berbagai macam jenis susu sapi yang diformulasikan untuk si kecil yaitu:

  1. Susu full cream yaitu susu formula yang sudah dipasterisasi, biasa di jual dalam bentuk cair dan serbuk. Jenis susu sapi ini biasanya mengandung setidaknya 3,2 persen lemak.
  2. Susu rendah lemak yaitu susu sapi yang memiliki kandungan lemak berkisar antara 1,5 – 2 persen.
  3. Susu skim yaitu jenis susu sapi dengan kandungan lemak sangat rendah yaitu sekitar 0,15 persen lemak.
  4. Susu formula khusus adalah susu formula yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi khusus.

Biasanya berupa susu rendah laktosa atau sudah ditambahkan berbagai gizi seperti protein, zat besi, asam lemak omega-3 atau nutrisi lainya.

susu formula

Memilih susu formula terbaik untuk anak usia 1 tahun

Para ahli merekomendasikan susu full cream untuk si kecil dengan usia 1-2 tahun karena susu jenis ini adalah sumber yang bagus dari protein, lemak, dan kalsium. Selain itu, susu full cream mengandung cukup energi untuk aktivitas sehari-hari si kecil. Usia pertumbuhan 1 sampai dengan 2 tahun adalah masa dimana pertumbuhan si kecil berlangsung pesat sehingga mereka membutuhkan asupan protein, lemak, dan energi cukup yang salah satunya dapat dipenihi dari jenis susu tersebut.

Susu rendah lemak biasanya akan direkomendasikan dokter untuk si kecil yang mengalami kegemukan berlebih atau obesitas.

Jenis susu formula terbaik untuk anak usia 2 tahun keatas

Pertumbuhan si kecil saat usia menginjak 2 tahun tidak secepat ketika berusia 1 tahun, sehingga sikecil dengan berat badan ideal biasanya lebih direkomendasikan untuk mengkonsumsi dan memilih susu formula rendah lemak, kecuali bagi yang berat badannya dibawah angka normal.

Konsumsi lemak pada tahapan ini masih diperlukan yaitu berfungsi untuk pertumbuhan otak mereka.

Apakah si kecil membutuhkan susu formula khusus?

Hal ini bergantung pada kondisi si kecil, misalkan anak yang mengalami alergi laktosa, bunda bisa memberikan si kecil susu rendah laktosa.

Lalu bagaimana dengan jenis susu yang di lengkapi dengan bergam nutrisi tambahan seperti omega-3, vitamin, mineral tertentu? Pada prinsipnya selama si buah hati memakan beragam makanan sehat dengan porsi yang cukup dan berimbang, maka kebutuhan nutrsi sudah bisa dipenuhi dari jenis makannya tersebut.

Baca juga : Cara Memilih Suplemen Fitness Dengan Benar